Translate

Minggu, 03 Februari 2013

PERTAMA KULIAH DI UNIVERSITAS BRAWIJAYA



Waktu gue SMA gue bingung nanti abis lulus SMA mau lanjutin kuliah dimana?? banyak pilihan yang membuat otak gue pusing dan gak tau harus milih yang mana. sampai akhirnya gue menemukan kampus yang menurut gue bagus yaitu UNIVERSITAS BRAWIJAYA. emang sih sebelum gue milih Universitas Brawijaya gue sempet mau masuk UNDIP (universitas diponeggoro) jurusan akuntansi tapi semua itu sia-sia saat gue tau jurusan akuntansi itu banyak yang minat. nah pas gue udah lulus SMA, gue coba untuk ikut SNMPTN dan memilih universitas brawijaya dengan universitas padjadjaran (UNPAD) . udah beberapa hari gue ikut tes itu, dan akhirnya hasilnya keluar. memang gak memuaskan sih pas gue liat hasilnya tau-taunya gue gak masuk dua-duanya. yahh.. apa boleh kata nasi udah jadi bubur. tapi usaha gue gak sampe situ, semenjak gue gagal ikut tes SNMPTN tetem-temen gue malah berfikir untuk langsung masuk swasta, padahal masih ada tes-tes perguruan tinggi negeri yang menerima penerimaan mahasiswa baru.. nah dari situ gue punya tekat untuk bagaimana cara masuk perguruan tinggi negeri yang udah jadi target gue (universitas brawijaya) . yaudah langsung aja gue daftar ya meskipun harga pendaftarannya lumayan mahal, ya untuk masa depan gue kenapa engga?? ya memang dulu orang tua gue maunya gue masuk universitas negeri jakarta (UNJ) tapi gue nolak, bukan karena gue durhaka sama orang tua tapi gue mau ngebuktiin sama orang tua gue kalo gue bisa masuk universitas negeri supayague bisa ngebahagiain mereka. setelah beberapa hari gue ngejalanin tes itu, gue cuma bisa berdoa, berdoa, dan berdoa. karena gue udah usaha dan kerja keras untuk belajar supaya dapet universitas negeri tersebut, dan gak lupa setiap malem gue selalu bangun malem untuk solat tahajud dan memohon sama allah swt supaya dikasih kemudahan. dan hari yang gue tunggu - tunggu pun dateng juga. hasil dari kerja keras gue kemaren, emang dulu w berniatan masuk Akuntansi karena gue udah banyak peminatnya, yudah gue berubah pengalihan ke jurusan IlmuAdministrasi. jurusan yang waktu tes gue ambil yaitu perpajakan dan bisnis pariwisata. yaaa emang awalnya gue gak minat di keduanya, tapi ya mau gimana lagi mungkin aja kalo gue dapet satu di antara kedua prodi, itu mungkin yang terbaik buat gue kedepanya. (amiinnn) nah pas gue liat di webnya dan gue coba masukin nomor peserta gue. dan ternyata allah mengabulkan permintaan gue, akhirnya nama gue diterima di universitas brawijaya. semua temen-temen gue gak percaya kalo gue masuk di universitas terkenal se Indonesia itu. semenjak orang tua gue tau kalo gue keterima di universitas brawijaya, mereka langsung setuju, ya meskipun agak sedikit berat karena kondisi uang yang agak kurang memungkinkan saat itu. karena takut biaya hidup disana itu mahal dan belum lain sebagainya buat kebutuhan gue. tapi gue ngeyakinin orang tua kalo gue gak akan boros dan hura-hura. (ngerti arti hura-hura kan??) yowes akhirnya w daftar ulang di universitas brawijaya itu, dan untuk pertama kalinya gue menginjakan kaki gue di kota malang tersebut. karena biasanya paling jauh gue pergi sama keluarga ke surabaya, karena disana ada saudara dari orang tua gue. jurusan yang gue dapet yaitu BISNIS PARIWISATA. nanti gue jelasin apa itu jurusan yang gue ambil di session berikutnya. abis selesai gue daftar ulang gue bingung mau cari tempat kos dimana? karena kan di malang gue gk ada saudara deket, ada sih beberapa temen senior yang kuliah disitu tapi pas saat itu sedanglibur semester jadi susah untuk nyari kosan. yaudah gue sama ayah gue nyari kosan dengan masuk diantara gang-gang, nanya dari orang satu ke orang lain. sampai akhirnya gue menemukan kosan itu dari seorang tukang kue yang berjualan di toko pinggiran jalan. nah orang tersebut memberitahuan saya tempat kos yang masih kosong dimana. sampai akhirnya saya menemukan sebuah rumah yang agak sedikit kurang rapih tempatnya, yaaa tapi mau gimana lagi hari udah beranjak malam. yaudah saya deal untuk menempati kosan tersebut.. selesai menyelesaikan administrasi kosan tersebut lalu saya berangkat ke rumah saudara saya yang ada di surabaya untuk menginap beberapa hari..  

saat penerimaan mahasiwa baru pun sudah diberitahukan lewat web brawijaya. banyak tugas-tugas yang saya harus selesaikan dan yang harus saya bawa juga. lalu beberapa minggu kemudian saya berangkat ke malang untuk mengikuti upacara penyambutan mahasiswa baru di kampus brawijaya. ternyata, angkatan yang baru saat ini yaitu yang ke-50 yang disebut generasi emang GOLDEN GENERATION.. nah dari situ saya bangga karena menjadi mahasiswa brawijaya yang saingannya se Indonesia.. disitu kami mahasiswa baru di simboliskan dengan memakai almamater secara bersama-sama yang melambangkan kalau saya dan seluruh angkatan 50 resmi menjadi mahasiswa brawijaya. dan disitu saya disuguhkan dengan beberapa penampilan unggulan yang dipunyai brawijaya. selama 1 hari itu saya dari pagi sampai sore hari diberikan perkenalan apa itu brawijaya , fakultasnya apa saya , dll. sampai sini dulu ya pengalaman yang saya alami pas pertama kali saya masuk brawijaya :) tunggu selanjutnya gak cuma sampai disini aja, masih banyak pengalaman-pengalaman dan cerita-cerita seru tentang kehidupan saya :D oke ..

SALAM OYI  ... hahaha

92 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. salamkenal bro :). saya maba generasi 'laskar 51' . ketemu blog ente gara2 nyari2 bahan buat tugas ospek. ada fb or twitter ato apalah biar bisa kontak2an gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu udah ada kan di profil saya.. :) fb saya rifky budiartha. kalo twitter @rifkybudiartha1 .. salam kenal bro

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. salam kenal jg bro, saya jg maba generasi 'laskar 51' dr fakultas FIB. thanks btw utk blognya bs jd alasan bahan tgs ospek:')

    BalasHapus
  4. wih kebetulan banget bro, saya juga generasi emas+1 (laskar 51) fakultas teknik. saya lagi cari bahan tugas ospek buat di copast

    BalasHapus
  5. salam kenal juga bro hehe..saya juga generasi laskar 51
    enyong dari fakultas PTIIK....

    BalasHapus
    Balasan
    1. okee salam kenal juga.. maaf ya baru bales baru buka blog soalnya hahaha

      Hapus
  6. gan kalo boleh tahu tes jalur apa itu teh, saya berkeinginan masuk UB

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu itu w tes lewat jalur mandiri bro. lo udah masuk ub?

      Hapus
  7. gimana sih maksudnya ilmu bisnis pariwisata dan international di ub???

    BalasHapus
  8. gan kira2 bsa ga alih jenis ke S1 bisnis pariwisata dari D3 pariwisata?
    please reply..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kayanya.. tapi ikut tes lagi.. soalnya saya kurang mengetahui hal seperti itu.. nanti kalo ada info saya kabari lagi :)

      Hapus
  9. Kak di UB prodi bisnis pariwisata D3 apa S1 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di ub ada yang d3 ada juga yang s1. kalo kk ambilnya s1 :)

      Hapus
    2. Masa iya kak ? Kok aq dapat info kalo di UB cuma ada d3 ya ?
      tolong info nya kak :-)

      Hapus
    3. iya memang kalo yang di d3 itu pariwisata. tapi kalo kk masuknya di fakultas ilmu administrasi de jadi beda :) dan yang di fakultas ilmu administrasi itu udah s1. :)

      Hapus
    4. Emang D3 nya ada prodi Pariwisata kah?

      Hapus
  10. kaka bro selamat ya! kampus impian kita samaaa :D aku lagi berusaha masuk sana, mohon bimbingannya *aduh*

    BalasHapus
  11. mau nnya nih kak klu biaya pariwisata unbraw brpa yaa ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung :) nanti kan kalo benar" sudah masuk , nanti ada klas"nya untuk masalah biaya.. kalo misalnya snmptn itu pasti beda dengan jalur mandiri.. dan biasanya jalur mandiri itu lumayan lebih besar dari pada snmptn.. :)

      Hapus
  12. kak emang kalo ospek jurusan itu nyampe satu semester kak? Ngapain aja itu kegiatanya? Aku maba UB kak hehe

    BalasHapus
  13. kamu fakultas mana dulu? hahaha kalo misalnya teknik sih yang saya tau kayanya 1 semster tapi gak tau kalo fakultas lain gimana.. kalo jamannya saya sih di fakultas gak sampe 1 semester terus ospek jurusan itu paling cuma sekali dua kali paling. iya kegiatannya ya perkenalan fakultas mu itu mulai dari lembaga" yang ada di fakultas dll. haha. kalo saya kasih tau semua gak ada kesannya dong nanti ospeknya hahha jalanin aja ya .. oiya makasih udah liat blog saya ehhe

    BalasHapus
  14. Haiii..mas Rifky salam kenal ya. Bisa kasih infokost-an yang dekat dengan FIB. kebetulan anak saya Maba tahun ini nih. Tanks Infonya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gmn udah dapet blm kosannya ahaha maaf ya baru liat blog soalnya haahhaa

      Hapus
  15. boleh minta info biaya di UB gak? trus cara pendaftarannya..

    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaaa itu biasanya pas udah masuk ub de. itu juga berubah de yang dulu sama yang sekarang.. kalo sekarang itu beda lagi hehee

      Hapus
  16. kak aku mau ask lewat twitter, tapi dijawab ya :D

    BalasHapus
  17. Kak mau tanya, masuk ub itu uang pangkalnya berapa ya?

    BalasHapus
  18. iya makasih udah masuk ke blog saya muhammad naufal.. untuk uang pangkal pas jaman saya dulu itu dilat dari kita masuk dari jalur tes apa.. tapi kalo sekarang sistemnya ukt jadi uangpangkalnya kayanya agak murah.

    BalasHapus
  19. Kak do'ain saya masuk pariwisata juga ya tahun ini bulan juni tes, biar bisa jadl adek tingkat kakak amin,..

    BalasHapus
  20. iyaaa namanya juga buat masa depan ya harus mengeluarkan uang yg gk sedikit. kalo mau kamu ikut jalur bidikmisi aja yg mana itu beasiswa dari universitas. dan gratis dari biaya selama perkuliahan. :)

    BalasHapus
  21. Tahun lalu saya juga keterima UB gan, S1 Akun (jalur mandiri), tapi saya lebih milih D3 Akun UI hehe, mnrt agan ane milih yg tepat ngga gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi sekarang anda kuliah dimana? apa gak ngambil dua-duanya? menurut saya lebih pilih yang langsung s1.

      Hapus
  22. kak, nilai mati itu ada nggak ya?

    BalasHapus
  23. kak kalau ospek boleh atau tidak naik kendaraan ya kak?

    BalasHapus
  24. kalo ospek sepertinya disarankan untuk tidak membawa kendaraan de

    BalasHapus
  25. kak mau tanya Daya tampung UB teknik informatika ujian mandiri 2015 berapa ya kak.?

    BalasHapus
  26. Kak rifky, aku kan SMK jurusan Pariwisata,kira2 peluangnya banyak gak kalau masuk ke UB fakultas bisnis pariwisata?
    Tlg bls kak, buat nentuin masadepan Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaa bisa aja kok de.. aku aja dari jurusan ips hahaaa

      Hapus
  27. Ka, tanya dong. Kata nya di UB kan ada jurusan administrasi perpajakan. Nah iti kira² syarat nya apaa aja yaa? Makasih :)

    BalasHapus
  28. Gan ane lagi bingung, mending milih UB atau undip, kalau harus pilih UB knapa?? balesnya lewat line kalau bisa gan, nih id line ane "riadi26"

    BalasHapus
  29. salam kenal kak, sama masih smk sih skrg kls 3, tapi udah siap2 gitu. pinginnya masuk UB tapi masih bingung antara ambil teknik sipil atau arsitektur

    BalasHapus
  30. info2 kak ya kalo udah mulai penerimaan mahasiswa. tw saya @anggundevii id line @anggundevi65 makasih kak, bales ya hehe, line boleh :)

    BalasHapus
  31. untuk @indrariadi kalo menurut saya yang sudah semester tua ini... itu tergantung apa yang kamu ambil.. dan kalo sudah fix itu yang kamu ambil baru kamu bisa membandingkan antara yg mau kamu ambil dibrawijaya maupun di undip.. so dua"nya bagus kok hahaa kalo masuk salah satu dari itu yaa syukuri aja ..

    BalasHapus
  32. maaf kak mau nanya jurusan bisnis pariwisata di ub di ajarkan apa aja ya ?? dan pasing gradenya brapa?

    BalasHapus
  33. Kak mau tanya, kalau jurusan administrasi perpajakan di UB itu S1/D3??
    Mohon bantuannya.

    BalasHapus
  34. ka kalo gelar lulusan bisnis pariwisata UB apa ya ? terimakasih ka

    BalasHapus
  35. Kalau jurusan Ekonomi pembangunan UB kira kira gimana Gan?
    Menurut agan FEB UB itu deskripsinya gimana ? Terimakasih

    BalasHapus
  36. Kak doain saya ya jadi mahasiswa BRAWIJAYA, Bismillah Prabu 54!

    BalasHapus
  37. Bang uang gedung untuk jalur mandiri . Bisa di angsur ndak

    BalasHapus
  38. kak, kalau mau test mandiri di unbraw langsung test dikampus nya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya de kalo dulu aku di sma 1 bekasi haha.. coba kamu cari" aja info nya de.. tapi kan ada sbmptn ikut itu aja dulu hahaa

      Hapus
  39. kak saya baru keterima di UB teknik sipil, info tempat kostan murah meriah dong kak?

    BalasHapus
  40. Kak soal test mandiri UB dibanding soal test sbmptn lebih gampang mana?hehe

    BalasHapus
  41. Kak, saya mau tanyaa, kalo tingkat kesulitan soal ujian mandiri dibanding soal SBM pas jaman kakak, susahan yang manaa? Soalnya saya mau ikut tes mandiri UB, makasih kak :)

    BalasHapus
  42. kak ane mau tanya
    kalau mau ngajuin keberatan uang pangkal itu apa bisa?
    dan harus kebagian apa?

    respon kak
    terimakasih

    BalasHapus
  43. Ka mau tanya,
    Emang ada ya prodi Ilmu komunikasi/Hubungan Internasional kelas bahasa inggris di Universitas brawijaya ?
    Jika ada apakah kelasnya disamakan dengan kelas reguler atau gimana?
    biayanya ukt dan uang pangkalnya brp?
    terimakasih

    BalasHapus
  44. Ka sy mau nanya,
    Emang ada ya prodi Ilmu komunikasi/Hubungan Internasional kelas bahasa inggris di Universitas brawijaya ?
    Jika ada apakah kelasnya disamakan dengan kelas reguler atau gimana?
    Terus besaran ukt sm uang pangkal prodi tsb brp?
    terimakasih

    BalasHapus
  45. kak mau nanya bedanya Selma UB dengan spmk UB itu apa ya?
    Terus kalo beda Mahalan mana masuk dari Selma UB atau spmk UB?
    Kalau kita dari seleksi Mandiri itu kita nggak pakai sistem ukt ya ? persemesternya Mahal nggak?

    BalasHapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. kak ane mau tanya
    kalau mau ngajuin keberatan uang pangkal itu apa bisa?
    dan harus kebagian apa?

    respon kak
    terimakasih

    BalasHapus
  49. selamat yang masuk brawijaya tahun ini.. :) sukses selalu.. buat tahun depan yg mau nanya" maaf banget ya kalo gk bisa jawab haha banyak yg ... yaa.. gitu dah kasarnya .. "gak tau terimakasih" "kacang lupa kulit" jadi males ngeladenin yg kaya gitu cuma beberapa aja paling haha udah banyak kok blog tentang pariwisata ub dan info tentang ub haha sory sekali lagi..

    BalasHapus
  50. kampus depan rumah , tapi bukan mahasiswa situ.
    hahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha depan rumah haha makasih udah mampir di blog saya

      Hapus
  51. Postingan yang sangat menarik. Salam kenal saya lulusan ub juga, angkatan 2012, jurusan akuntansi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh makasih yaa :) selamat sudah lulus hahhaa kalo saya masih otw haha doakan saja menyususl kamu haha amin

      Hapus
  52. Kak aku mahasiswa d3 pariwisata disurabaya. Mau daftar alih jenis s1pariwisata ub gimana caranya

    BalasHapus
  53. hai nurika.. haha aku gak tau kalo kalo kaya gitu haha nanti aku cari tau yaa :)

    BalasHapus
  54. Kak, alhamdulillah saya keterima di UB. Saya mau tanya soal asrama kopma di UB, perbulan bayar berapa kira2 ya kak? ada asrama putrinya kan kak?
    sebelumnya makasih udah bikin artikel kaya gini kak.

    BalasHapus
  55. akuntansi UB aku masuk, AKUNTANSI KKI UI aku masuk.
    milih mana ?
    gpl bantu milih...

    BalasHapus
  56. Kak aku udh llus mandiri UB, skrg lg cari kosan, bisa bantuin ga kak kira2 dmna kosan yg dekat dgn UB? Mohon bantuannya kak.

    BalasHapus
  57. Kak, mau tanya apa sekarang masih ada jurusan pariwisata di UB?
    Kok kata kakak saya gak ada.
    Terimakasih sebelumnya kak 😊

    BalasHapus
  58. Kak mau tanya ni, ada gak tips biar lolos ospek ub?

    BalasHapus
  59. Assalamu'alaikum
    izin pakek gambar nya gan untuk komersial
    ana sertakan sumber
    jazakallahu khairan

    BalasHapus